Self Assessment TKDN Barang

Dalam melakukan perhitungan TKDN Barang, Ada 3 Komponen yang diperhatikan yaitu (1) Bahan Baku, (2)Tenaga Kerja, dan (3)Factory Overhead. Ketiga komponen ini ada pembentuk harga pokok produksi (HPP) suatu produk. Jadi perhitungan TKDN barang hanya sampai pada HPP suatu produk. Biaya-biaya lain diluar HPP seperti biaya marketing, biaya administrasi kantor dll tidak dimasukkan dalam perhitungan TKDN.

(1) Bahan Baku
Bahan baku adalah semua material yang digunakan dalam proses produksi suatu produk. Sebagai contoh jika produknya adalah baju, maka contoh material di sini adalah (kain, benang, kancing, dll) bahkan jika produk itu dikemas ke dalam plastik, maka plastik itu pun bisa dimasukkan sebagai bahan baku penunjang.

(2) Tenaga Kerja
Yang dimaksud disini adalah biaya yang dikeluarkan untuk tenaga kerja yang langsung berhubungan dengan proses produksi barang. Beberapa biaya tenaga kerja ini diantaranya (gaji, tunjangan, lembur, asuransi, seragam, konsumsi, dll)

(3) Factory Overhead

Factory overhead adalah biaya-biaya dari tenaga kerja tidak langsung, mesin/alat kerja/fasilitas kerja, dan semua biaya pabrikasi lainnya yang biayanya tidak dapat dibebankan langsung ke dalam produk tertentu.

Download Form Asselfment TKDN Barang

Advertisements

One comment on “Self Assessment TKDN Barang

  1. Pingback: Self Assessment TKDN, « Maskuntop’s Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s