TKDN – Pajak Keluaran dan Company Overhead

Dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 16 Tahun 2011. Disebutkan bahwa perhitungan TKDN tidak termasuk keuntungan, company overhead, pajak keluaran. Dalam kesempatan ini saya ingin mencoba memperjelas dua hal, Company Overhead dan Pajak Keluaran.

Company head clear merupakan bagian yang tidak dihitung. Karena bukan termasuk dari biaya memproduksi barang, ataupu biaya dalam mendeliver pekerjaan proyek. Yang sering ditanyakan adalah, bagaimana kalau factory overhead. Factory overhead termasuk dalam perhitungan TKDN karena menjadi bagian biaya dalam memproduksi barang. Factory overhead diantaranya gaji supervisor, gaji manajer QC, sampai dengan gaji kepala pabrik. Selanjutnya termasukĀ  juga ke dalam factory overhead adalah listrik, gas, pajak, sewa pabrik, dll.

Selanjutnya, mengenai pajak keluaran. Dalam Permen 16 tersebut memang tidak memberikan definisi tentang apa Pajak Keluaran. Selanjutnya referensi definisinya dapat diambil dari UU Pajak No 18 tahun 2000. Pajak Keluaran adalah Pajak Pertambahan Nilai terutang yang wajib dipungut oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak, penyerahan Jasa Kena Pajak, atau ekspor Barang Kena Pajak. Jadi yang tidak termasuk dalam perhitungan adalah PPN dalam rangka penyerahan barang/jasa. Perlu saya konfirmasikan juga bahwa seluruh PPN dalam rangka pengadaan material dan PPH Tenaga Kerja yang terlibat bisa dimasukkan ke dalam perhitungan.

Semoga sedikit menjelaskan.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s