Image

Revolusi sandal

imageHari ini saya punya kesempatan sholat Jumatan di Makodam 3 Siliwangi. Ada hal menarik ketika saya datang ke Masjid Al Ikhlas di komplek ini. Sandal-sandal berjejer rapi . Hal ini jarang sekali saya lihat di tempat lainnya.

Ada pelajaran menarik dari pemandangan ini. Pertama, kadang untuk membuat perubahan hanya diperlukan hal yang sederhana. Dalam kasus ini membuat garis-garis shaf untuk sandal adalah contohnya. Untuk membuat garis itu pasti tidak butuh waktu lama dan biaya yang mahal. Tapi hasil yang didapatkan sangat efektif.

Pelajaran kedua adalah perlu ada contoh. Hal ini sebetulnya sesuai dengan naluri dasar manusia yang ingin mengikuti pola yang sudah ada.Pada saat saya datang melihat garis tadi, terus ada contoh sandal/sepatu yang diatur rapi dengan pola tertentu, saya langsung ingin merapikan sandal saya seperti sandal lain yang sudah ada di sana.

Faktor lain, selain garis dan contoh, mungkin juga ada pengaruh lokasi. Karena ini  ada di komplek militer, secara sadar saya ingin mengikuti persepsi bahwa militer itu disiplin dan rapi.

Oleh karena itu, untuk membuat perubahan perlu adanya tools/perangkat, sample dan perlu juga persepsi. Apabila hal ini bisa menular di seluruh masjid di Indoneisa pasti hal ini akan sangat dahsyat dampaknya. Apalagi kalau menular juga di cara kita berlalulintas, cara kita menghandle pekerjaan, dan lainnya pasti bangsa Indonesia akan lebih jaya dalam waktu yang lebih cepat lagi. Jayalah Indonesia…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s